fbpx
Top 100 di Squad Battles

Masuk Top 100 Squad Battles di FUT, Gimana Caranya?

Top 100 di Squad Battles

FIFA Ultimate Team atau FUT merupakan salah satu mode yang tersedia di gim EA Sports FIFA 19. Mode ini menjadi yang paling terkenal dan sarat gengsi di kancah kompetitif FIFA, ketimbang mode yang lain. Inti dari FUT sendiri yaitu gamers dapat membuat dream team-nya masing-masing, dengan menggabungkan para pemain dari berbagai liga internasional. Misalnya, ingin membentuk satu tim yang berisikan Cristiano Ronaldo, Lionel Messi, Kylian Mbappe, dan lain sebagainya. Dalam mode ini, hal tersebut sangatlah memungkinkan (jika para gamers memiliki coins yang mencukupi hahaha). Pada dasarnya, setiap gamers akan memainkan pertandingan menggunakan timnya masing-masing. Pertandingan yang dimainkan dapat berupa offline — yang berarti melawan CPU atau AI — dan online — melawan gamer lain — dan pastinya setiap match memiliki hadiah yang berbeda-beda, dari mulai coinspacks, dan lain-lain.

Salah satu sub-mode yang ada pada FUT ini yaitu Squad Battles. Sub-mode Squad Battles bersifat offline, yang di mana para gamer akan bermain melawan CPU atau AI. Pemain diberikan sebanyak 45 pertandingan untuk dimainkan selama satu minggu penuh, dan para pemain harus mengumpulkan poin sebanyak-banyaknya dari sejumlah pertandingan yang disediakan. Poin pemain akan direset setiap hari senin jam 7 pagi WIB. Gamers diseluruh dunia akan bersaing untuk bisa masuk ke peringkat Top 100. Pada sub-mode ini memiliki 17 peringkat, dari mulai Bronze 3 hingga Rank 1. Berikut ke-17 peringkat yang tersedia pada sub-mode Squad Battles:

  1. Rank 1
  2. Rank 2 – 10
  3. Rank 11 – 20
  4. Rank 21 – 50
  5. Rank 51 – 100
  6. Elite 1
  7. Elite 2
  8. Elite 3
  9. Gold 1
  10. Gold 2
  11. Gold 3
  12. Silver 1
  13. Silver 2
  14. Silver 3
  15. Bronze 1
  16. Bronze 2
  17. Bronze 3

Semakin tinggi peringkat finish pemain, akan semakin banyak dan beragam hadiah yang didapatkan. Para gamer pastinya mengincar untuk bisa finish di Top 100 karena hadiah yang didapatkan sangatlah banyak. Tapi tentu tidaklah mudah untuk bisa mencapai peringkat tersebut, bayangkan saja kalian harus bersaing dengan gamer FIFA di seluruh dunia. Peringkat Top 100 bukan untuk regional Indonesia ataupun Asia, melainkan global. Makanya wajar saja jika hadiah yang diberikan sangatlah bagus, karena tantangan yang harus dilakukannya pun tidak lah mudah.

Namun, tim IVPL mau kasih tips & trik buat para pembaca setia IVPL agar bisa mendapatkan peringkat Top 100 di Squad Battles. Namanya gim, pastinya ada saja cara-cara untuk mengakalinya, tapi tenang aja, ini bukan cheat kok! Tipsnya tetap legal dong. Walaupun tips & trik, kita peringatkan juga nih, kalau caranya ga gampang juga, ga kayak R1 R2 L1 L2 kiri bawah kanan atas ya teman-teman. Tipsnya ini untuk bantu teman-teman lebih bermain efektif dan efisien, jadi tidak terlalu buang-buang tenaga banget.

Detail Squad Battles

Jadi di Squad Battles kan ada 45 pertandingan, tapi itu gak langsung seabrek-abrek bisa dimainin dalam waktu sehari. Detilnya, jadi untuk hari senin sampai jumat, hanya ada 4 pertandingan yang tersedia tiap harinya. Untuk di weekdays, berarti jumlah pertandingan yang tersedia itu adalah 20 gim. Di hari sabtu dan minggu, ada 12 pertandingan yang bakalan tersedia per harinya. Update 4 gim pertama dimulai jam 7 pagi WIB, update 4 gim kedua di jam 3 sore WIB, dan update 4 gim ketiga di jam 11 malam WIB. Jumlah gim yang ada di hari sabtu dan minggu adalah 24 gim. Satu gim sisanya adalah Featured Squad (contoh gambarnya ada di bawah ini). Featured Squad adalah satu pertandingan melawan tim yang berisikan pemain pilihan seorang publik figur (bisa pemain bola, musisi, artis, dll), misalnya seperti contoh di bawah ini tim pilihan dari Kevin De Bruyne. Featured Squad akan tersedia selama satu minggu.

Teknis

Dapat dilihat pada gambar di atas, setiap harinya akan ditampilkan empat tim yang dapat dilawan beserta rating dan chemistry timnya, Sebelum memulai pertandingan, kalian bisa melihat skuat dari tim-tim tersebut. Jika sudah menyelesaikan keempat pertandingan, pemain harus menunggu untuk jadwal update opponents pada jam 7 pagi WIB. Berbeda dengan di hari senin-jumat, pada hari sabtu dan minggu memiliki tiga jadwal update opponents yaitu jam 7 pagi, 3 sore, dan 11 malam WIB. Tambahan, jika jadwal update opponents sudah tiba, pemain tetap bisa memainkan gim di kloter sebelumnya terlebih dahulu. Updatenya tidak secara otomatis, jadi jika pemain belum sempat bermain di kloter sebelumnya, bisa dilakukan terlebih dahulu. Namun, jika pemain melewatkan jadwal update opponents lebih dari sekali secara berturut-turut, maka satu kloter akan hilang dan tidak bisa dimainkan.

Contoh: pemain sudah memainkan empat gim di kloter 1 pada hari senin, lalu memasuki hari selasa, pemain lupa melakukan update opponents. Pemain baru melakukan update opponents pada hari rabu, maka kloter gim di hari selasa akan hilang. Pemain berarti kehilangan empat gim yang tidak bisa dimainkan.

Tips & Trik

Dilihat dari leaderboards Squad Battles minggu lalu, pemain peringkat 100 dunia mendapatkan poin sebesar kurang lebih 112.000. Jika dibagi dengan 45 (untuk jumlah pertandingan) maka rataan yang didapat adalah 2.488 poin per pertandingan. Jika kalian ingin mencapai peringkat ke-100, kalian harus mendapatkan minimal 2.500 poin per pertandingan. 2.500 poin per pertandingan bukanlah hal yang mudah namun masih bisa dijangkau bagi pemain FIFA non-profesional. 2.500 poin hanya hitungan kasarnya, karena di pertandingan Featured Squad, poin yang didapatkan merupakan fixed points, tidak akan bertambah walaupun pemain membantai habis tim musuh, dan maksimal poin yang bisa didapatkan yaitu 2.000 poin jika pemain bermain dengan difficulty Ultimate. Sedangkan, 44 pertandingan sisanya memiliki dynamic points yang di mana poin yang didapatkan menyesuaikan dengan hasil pertandingan. Pemain harus memanfaatkan poin sebanyak-banyak di 44 pertandingan tersebut. Berikut tipsnya untuk mencapai peringkat Top 100 Squad Battles.

Pertama, pemain harus memainkan pertandingan minimal di tingkat level Legendary, satu level di bawah Ultimate. Hampir tidak memungkinkan jika pemain bermain di tingkat level World Class, karena tiap level memiliki poin multiplier yang berbeda-beda. Multiplier untuk level World Class yaitu 1,6, sedangkan untuk level Legendary dan Ultimate yaitu 2,1 dan 2,6. Rataan poin per pertandingan yang didapat untuk level World Class berupa 1.500-1.800 poin, untuk rataan poin di level Legendary adalah 1.900-2.200, sedangkan rataan poin di level Ultimate yaitu 2.200-2.500. Tambahan, rataan poin masih bisa bertambah ataupun berkurang mengikuti hasil pertandingan.

Tambahan poin yang dimaksud bernama additional points, poin-poin tambahan yang bisa didapatkan di dalam pertandingan. Poin seperti jumlah gol, operan sukses, tendangan penjuru, clean sheet, dan lain-lain. Berikut detil dari additional points yang ada:

Dapat dilihat di atas, poin penyumbang terbesar ada di gol dan clean sheetPass accuracy dan possesion juga sebenarnya menjadi penyumbang poin terbesar, tetapi sangat jarang untuk bisa mendapat 80 persen untuk kedua kategori. Jadi jika ingin mendapatkan poin sebanyak-banyaknya, fokuskan pada kategori-kategori tersebut. Kategori yang paling penting adalah jumlah gol dan clean sheet, upayakan bisa dapat poin maksimum dari kedua kategori tersebut. Jadi, konklusinya adalah bermain di tingkat Legendary dan memenangkan pertandingan dengan skor 5-0.

Jika sudah berhasil mencetak lima gol, sebaiknya lebih bermain posession supaya tidak kebobolan. Karena, CPU akan otomatis menyerang terus saat mereka berada di dalam posisi tertinggal. Banyak pemain terlalu bernafsu untuk terus menyerang dan mencetak gol sampai melupakan pertahanannya. Jika pemain kebobolan, pengurangan poinnya cukup banyak, membuat tidak dapat memaksimalkan poin. Pasalnya, jika sudah berhasil mencetak lima gol, pemain tidak perlu mencetak gol lagi, karena tidak akan menambah poin lagi, lebih baik memfokuskan pada additional point yang lainnya.

Skor 5-0 terlihat cukup mencolok dan sulit, tapi sebenarnya hal tersebut masih bisa dicapai untuk di tingkat Legendary, karena pada dasarnya CPU/AI memiliki pola permainan yang begitu-begitu saja. Membiasakan melawan CPU selama satu atau dua minggu, pasti sudah mendapatkan pola permainan mereka. Apalagi, seperti yang tadi kami sebutkan bahwa CPU akan otomatis bermain sangat menyerang saat mereka dalam keadaan tertinggal. Hal tersebut menjadi kesempatan emas untuk menambah gol. Intinya kalau melawan CPU, cukup bermain dengan tenang dan tidak terburu-buru, kesempatan akan datang sendirinya. Jika berhasil memaksimalkan poin pada kategori jumlah gol dan clean sheet, poin yang akan didapatkan sekitar 2700-2850 per pertandingan. Namun, jika sulit untuk memaksimalkan di kedua kategori tersebut, lupakan clean sheet, kejar lima gol untuk memaksimalkan poin pada kategori jumlah gol. Karena akan sia-sia jika pemain dapat clean sheet, tapi hanya berhasil menang 1-0. Poin yang didapatkan masih lebih sedikit ketimbang menang dengan skor 2-1, 3-2, 4-3, ataupun 5-4. Walaupun sama-sama memiliki defisit satu gol, tapi semakin banyaknya gol yang berhasil dicetak, poinnya akan jauh lebih banyak.

Overview

  1. Bermain pada difficulty Legendary.
  2. Dapatkan 2500 poin per pertandingan, dengan cara:
    • Menangkan pertandingan
    • Cetak lima gol
    • Upayakan untuk tidak kebobolan
    • Dapatkan persentase posession dan passing accuracy sebanyak-banyaknya (jika dua poin di atas sudah terpenuhi terlebih dahulu)
  3. Sisakan Featured Squad menjadi pertandingan terakhir supaya kalian bisa fokus (tidak terdistraksi dengan gim lainnya), karena sebaiknya kalian bermain di difficulty Ultimate, agar bisa mendapatkan 2.000 poin.
  4. Atur waktu bermain, khususnya untuk di hari sabtu dan minggu, karena memiliki 12 pertandingan per harinya. Pilih waktu bermain di jam luang kalian, agar kalian bisa bermain tanpa terdistraksi supaya dapat mengeluarkan performa terbaik kalian.
  5. Pastikan jangan bad mood saat ingin memulai pertandingan, karena saat mood jelek, permainan kalian pasti akan buruk. Apalagi pas lagi bete atau marah, lebih tidak jangan main dulu.
  6. Sisihkan waktu 10-15 menit untuk rehat setelah satu pertandingan. Supaya otak tidak jenuh dan stress.

Di atas merupakan overview dari tips & trik Squad Battles ini, intinya harus menang dan golin sebanyak-banyaknya (maksimal lima aja cukup) serta upayakan untuk tidak kebobolan. Kebetulan artikel ini akan muncul di hari senin, jadi setelah kalian baca bisa langsung kalian coba deh. Semoga membantu dan bermanfaat, ingat, tidak ada yang instan, mungkin kalian tidak akan mencapai Top 100 di percobaan pertama kalian, tapi tetap mencoba dan jangan menyerah. practice makes perfect, so… silahkan mencoba para FUT Lovers!

 

TAGS:
  • eSports
  • FIFA 19
  • FUT
  • FUT Squad Battles
  • Top 100
  • Ad

    Comments

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *