fbpx
Sergej Milinkovic-Savic

FUT Player Review: Sangarnya FUT Birthday Sergej Milinkovic-Savic

Sergej Milinkovic-Savic

Kali ini, tim IVPL ingin mengulas salah satu pemain yang lagi meta banget untuk di mode FIFA Ultimate Team, dari FIFA edisi tahun lalu hingga yang sekarang. Pemain yang akan kita bahas adalah Sergej Milinkovic-Savic, pria kelahiran Lleida, Spanyol ini sekarang sedang membela klub Italia, SS Lazio. Walaupun ia lahir di Spanyol, tetapi pria dengan tinggi 191 cm ini berkebangsaan Serbia.

Orang tuanya merupakan warga Serbia, di mana ayah dan ibunya juga merupakan atlet. Ayahnya, Nikola Milinkovic merupakan pemain sepakbola profesional, sedangkan ibunya, Milana Savíc adalah atlet basket profesional. Sergej tampaknya mengikuti karier orang tuanya untuk terjun di industri olahraga, dan terlihat kariernya di sepakbola (lumayan) gemilang. Bisa berkarier di divisi teratas liga Italia merupakan pencapaian yang bagus untuk pemain-pemain dari Balkan.

Hype-nya dia ada pada musim lalu, dimana ia berhasil memukau publik dunia dengan permainannya bersama Lazio. Performa bagusnya dihadiahkan dengan dipanggilnya dia ke skuat Serbia untuk tampil di Piala Dunia Rusia 2018. Sayangnya, ia kurang berkontribusi selama di timnas, dan juga membuat Serbia tidak lolos dari grup E. Namun, Milinkovic-Savic tidak hanya viral di persepakbolaan dunia nyata saja, tapi juga di sepak bola virtual seperti FIFA.

Banyak pemain FIFA menggunakan “jasa” Sergej di gim bola itu karena strength dan posturnya yang tinggi dan besar. Kebanyakan pemain yang memiliki postur tinggi besar pasti larinya tidak kencang. Namun, pemain yang biasa disingkat menjadi SMS ini mempunyai pace yang cukup kencang. Tren tersebut berlanjut hingga ke FIFA 19 sekarang. Sugesti para pemain FIFA terhadap kesaktian Milinkovic-Savic masih belum hilang sampai saat ini. Walaupun secara teknisnya, Sergej di FIFA 19 tidak ‘seimba’ di edisi sebelumnya, tapi tidak sedikit orang yang menggunakannya di tim FUTnya.

Sebelum masuk ke ulasannya, kami ingin memberikan informasi bahwa Sergej Milinkovic-Savic sudah memiliki beberapa special card seperti in-form (IF), second in-form (2IF), UEFA Europa League Live, dan FUT Birthday. Kartunya yang akan kita ulas adalah FUT Birthday dari Sergej Milinkovic-Savic.

Dari tahun ke tahun, promo FUT Birthday menjadi promo yang selalu ditunggu para penggemar FIFA. Pasalnya, promo ini sangatlah unik, semua pemain yang mendapatkan special card promo ini, posisinya akan diubah secara acak oleh EA Sports. Pada kasus ini, yang semula Sergej Milinkovic-Savic adalah pemain tengah (CM), di promo ini posisinya menjadi bek kanan (RB). Promo ini juga sebagai peringatan ulang tahun dari mode FIFA Ultimate Team.

Review In-Game

Dengan base position-nya berubah, statistiknya juga berubah. Perubahan statistik yang paling signifikan ada pada pace-nya. Di special card UEL Live atau 2IF, ia hanya memiliki pace 71, sedangkan di pace-nya dia di kartu FUT Birthday mencapai 83. Perbedaan sepuluh angka sangat signifikan di FIFA. Selain itu, kelebihan dia juga ada pada postur tubuh, skill moves, dan weak foot. Memiliki tinggi 191 cm membuat dia sering memenangi duel-duel udara. Bagus untuk situasi tendangan penjuru. Ia memiliki 4-star skill moves dan 4-star weak foot yang membuatnya bisa menggunakan skill-skill imba seperti La Croqueta, Berba Spin, dan Heel-to-Heel Flick. Sedangkan untuk 4 star weak foot-nya, berarti statsnya saat ia menggunakan kaki kirinya menjadi 80% dari statistik aslinya. Berikut breakdown dari base stats Sergej Milinkovic-Savic:

Pace: 83

Membahas pace-nya Sergej, dengan acceleration di angka 81 dan sprint speed di 84, membuat ia kembali menjadi sakti seperti di edisi FIFA sebelumnya. Pasalnya, pace minimum untuk pemain agar layak masuk ke dalam tim adalah 80. Tidak bisa dipungkiri bahwa kecepatan pemain (masih) menjadi hal yang paling bagi setiap pemain dalam gim ini.

Shooting: 84

Jika kalian memainkan dia sebagai bek kanan, maka statistik ini tidak terlalu relevan untuk dibahas. Akan sangat jarang pemain mendapatkan kesempatan untuk menendang jika memposisikan Sergej sebagai full-back. Namun, kalau melakukan in-game changes yaitu mengganti posisi Sergej menjadi pemain tengah, statistik menendangnya cukup mumpuni. Shot power dan Long Shots miliknya mencapai angka 85 dan 88. Tendangan dari luar kotak pinalti akan sangat efektif jika menggunakan pemain ini.

Statistik Positioning dan Finishing lebih berlaku untuk penyerang. Semakin tinggi angka dari statistik Positioning, maka pemain akan memposisikan dirinya di tempat yang tepat (biasanya untuk lingkup di dalam kotak pinalti). Untuk stats finishing, berfungsi saat pemain harus berhadapan satu lawan satu dengan penjaga gawang musuh. Sebagai pemain box-to-box, harusnya situasi tersebut akan jarang ditemui, tapi jika diharuskan untuk melakukan finishing, Sergej mampu melakukan tugasnya dengan baik mengingat statistik finishing-nya ada di angka 85.

Passing: 87

Salah satu base stats yang krusial untuk pemain dengan posisi gelandang (CAM, CM, CDM) ataupun bek. Dari perspektif Sergej sebagai gelandang, statistik yang ia miliki sangat bagus. Short dan long passing-nya menyentuh angka 92 yang membuat operannya akan jarang melebar atau salah. Freekick accuracy dan curve-nya juga lumayan (81 & 84), cukup oke untuk sebagai eksekutor tendangan bebas, walaupun sudah sangat banyak pemain yang lebih bagus untuk menjadi penendang freekick.

Tambahan untuk stats curve-nya, juga berfungsi untuk finesse shot, semakin tinggi angkanya, eksekusi tendangan finesse-nya akan lebih bagus. Namun, ia memiliki satu stats buruk pada kategori passing, yaitu crossing. Hanya 69 untuk stats crossing-nya, itu juga menjadi aspek yang jelek jika melihat dia sebagai bek kanan. Crossing menjadi stats paling penting untuk para pemain full-back, karena biasanya para bek sayap sering overlap dan melakukan crossing ke tengah. Sebenarnya sayang juga kalau menempatkan Sergej di bek sayap, karena akan sangat mubazir jika pemain tinggi seperti dia harus menjadi pengumpan bukan target yang di umpan.

Dribbling: 88

Sebagai gelandang, stats dribbling Sergej sangat bagus. Ball control dan dribbling-nya ada di angka 93 dan 92. Untuk urusan mengontrol dan membawa bola, dia dapat diandalkan. Kekurangan dia ada pada stats balance-nya, yang ada di angka 63. Statistik itu menandakan bahwa keseimbangannya tidak bagus, anggapannya ia mudah terjatuh jika ia sedang membawa bola tetapi sembari dibodi pemain musuh. Agility-nya juga menjadi liabilitas (berada di angka 70), ia tidak bisa berputar atau menggocek ke kanan ke kiri dengan lincah.

Defending: 84

Menjadi statistik yang krusial jika ia diposisikan sebagai CDM atau bek. Interceptions, marking, dan standing tackle-nya berada di atas rata (85, 81, 84) membuat kemampuan bertahannya cukup baik. Untuk sliding tackle masih sedikit di bawah threshold rata-rata bek berkualitas (ada di angka 78).

Jika bertahan menggunakan Sergej, cukup menggunakan standing tackle sembari membayang-bayangi pemain musuh, tidak perlu sampai harus melancarkan sliding tackleHeading accuracy menjadi stats yang mencolok pada kategori ini, berada di angka 93 membuat sundulannya sangat efektif, apalagi saat tendangan penjuru.

Physicality: 88

Menjadi base stats paling tinggi (bersama dengan dribbling), hanya stats aggresion saja yang masih di bawah angka 80 yang membuat ia tidak terlalu agresif dalam hal recovery-nya saat sudah tergocek. Statistik sisanya yaitu jumping, stamina, dan strength hampir semuanya mendekati angka 90. Jumping di angka 89 membuat dia menjadi target yang sempurna untuk tendangan penjuru (ditambah dengan stats 93 untuk heading accuracy dan tingginya yang mencapai 191 cm).

Memiliki stamina yang mencapai angka 89, dapat dipastikan ia tidak akan kelelahan hingga (minimum) babak kedua extra-timeStrength-nya yang berada di angka 92 yang membuat kecil kemungkinannya untuk pemain menang dalam duel badan dengannya.

Beberapa tips dalam menggunakan dia:

  1. Untuk mengakali chemistry, ia bisa disandingkan bersama FUT Birthday Jordan Lukaku & FUT Birthday Koulibaly dalam formasi 4-3-2-1 atau 4-3-3 (3). Setelah itu bisa in-game changes, taruh Jordan Lukaku di bek kanan, Koulibaly di bek tengah, dan Sergej di posisi CM.
  2. Kasih chem style Shadow jika ingin menggunakan dia di posisi CDM atau defending (LB, CB, RB) untuk meningkatkan statistik pace dan defending-nya. Kalau mau jadikan dia gelandang box-to-box (CM), gelandang menyarang (CAM), atau pun penyerang (CF/ST), kasih chem style Engine, untuk meningkatkan agility dan balance-nya.
  3. Kalau dia dijadikan pemain yang tugasnya bertahan, jangan lupa untuk instruksikan dia stay back while attacking, karena kalau tidak, dia akan selalu berinisiatif membantu menyerang, mengingat attacking work rate-nya dia adalah high.
  4. Memainkan dia sebagai gelandang, jangan banyak melakukan fancy skill moves walaupun dia punya 4-star skill moves, karena rendahnya agility dan balance-nya bisa malah bikin bolanya terlepas. Lebih baik gunakan skill standar seperti ball roll atau keeping ball biasa.
  5. Jadikan dia target untuk menyundul dalam situasi tendangan bebas atau tendangan penjuru. Adanya kombinasi 89 jumping, 93 heading accuracy, dan tinggi 191 cm membuat dia jadi target yang sempurna dari situasi tersebut. Akan lebih efektif juga kalau menggunakan manual corner.
  6. Lebih bagus menggunakan tendangan jarak jauh biasa ketimbang finesse shot.

Bagi teman-teman yang sudah mendapatkan dia melalui weekly objective silahkan coba menggunakan dan mengutilisasi pemain ini. Jangan sia-siakan pemain imba seperti dia. Statistiknya sudah hampir mirip-mirip dengan pemain Team of the Season (TOTS) (yang beberapa minggu ke depan akan keluar). Pemain TOTS juga nanti pasti harganya akan mahal (di atas 250.000 coins), jadi berbahagialah teman-teman yang sudah mendapatkan FUT Birthday Sergej Milinkovic-Savic dengan cuma-cuma melalui tantangan yang diberikan FIFA.

TAGS:
  • eSports
  • FIFA 19
  • FIFA Ultimate Team
  • FUT Birthday
  • Sergej Milinkovic-Savic
  • Ad

    Comments

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *