fbpx
Nama Hristo Stoichkov

FUT Player Review: Hristo Stoichkov, Melegenda di Dunia Nyata dan di Dunia Virtual

Nama Hristo Stoichkov

Nama Hristo Stoichkov pastinya sudah tidak asing lagi bagi penikmat sepak bola internasional, khususnya para penggemar tim Katalan, FC Barcelona. Pasalnya ia sukses membantu Barcelona dalam merengkuh lima gelar La Liga, satu Copa Del Rey, tiga Supercopa de España, satu UEFA Champions League, satu UEFA Cup Winners, dan dua European Super Cup. Pada masanya saat ia membela tim yang bermarkas di Camp Nou itu, ia berhasil dinobatkan sebagai pemenang Ballon d’Or di tahun 1994 setelah berhasil membawa negaranya, Bulgaria mencapai semifinal Piala Dunia.

Selama kariernya, ia dikenal sebagai penyerang lincah dan sangat tajam di mulut gawang lawan. Sebelum Luis Suarez dijuluki El Pistolero, Stoichkov terlebih dahulu yang menyandang julukan tersebut, dimulai dari saat ia membela FC Barcelona. Pria kelahiran 8 Februari 1966 ini juga menjadi tandem dari penyerang legendaris asal Brazil, yaitu Romario. Duet maut mereka menjadi peran krusial untuk tim Blaugrana di tahun 90’an.

Berbagai gelar juara dan penghargaan individu mengisi cerita legendaris Hristo Stoichkov sebagai pemain yang berasal dari negara yang tidak memiliki sejarah panjang di ranah sepak bola. Puncaknya, pemain yang terkenal pemarah di lapangan ini dinobatkan oleh salah satu pemain terbaik sepanjang masa, Pelé, masuk ke dalam daftar 100 pemain terbaik sepanjang masa.

Ternyata, roman legendanya tidak berhenti setelah ia pensiun. Di dunia sepak bola virtual, seperti pada gim FIFA 19, ia tetap menjadi pilihan bagi para gamers untuk mengisi starting line-up tim mereka masing-masing. Pengembang gim FIFA, EA Sports berhasil merekreasi karakter Stoichkov nyata secara baik ke dalam dunia virtual. Saat bermain, gamers bisa melihat gerakan tubuh yang menyerupai dengan orang aslinya. Untuk bagi para gamers yang sudah lebih tua, pasti akan sangat senang dapat melihat pemain-pemain favoritnya di zaman dulu ‘hidup kembali’ di dunia virtual dalam bentuk FIFA Icons.

Mari kita mulai FUT Player Review: Hristo Stoichkov!

Masuk ke dalam teknis, ulasan ini bersifat general, yang di mana mengulas FUT Card Hristo Stoichkov di semua versi, dari mulai Base Icon, Mid Icon, hingga Prime Icon.

Info Umum

Height 5’10” & Weight 73kg

Pemain ini memiliki tinggi 5’10” atau 178 cm, di mana bukan menjadi contoh terbaik untuk penyerang ujung tombak. Ia akan sering kalah saat melakukan duel-duel udara, apalagi pemain belakang meta di FUT kebanyakan tingginya sudah berada di atas 6’1″. Beratnya mencapai 73 kg, which is fine, walaupun tidak tinggi, tapi tidak mudah terdorong pemain lawan (terkecuali lawannya Ruud Gullit atau Patrick Vieira).

Sebenarnya, dengan kombinasi tinggi dan berat yang ia miliki, akan sangat balance saat melakukan dribbling dan menggocek-gocek pemain. Stoichkov akan terasa sangat lincah saat memegang bola, itu menjadi salah satu kekuatannya. Jadi bagi kalian para gamer yang punya gaya permainan operan-operan datar dan tiki-taka, Stoichkov sangat tepat untuk masuk ke tim kalian. Kalau kalian mainnya lebih ke kick & rush dan sering mengandalkan duel udara, Stoichkov dapat digunakan sebagai penyuplai bola, karena skillnya secara keseluruhan sangatlah seimbang di tiap aspek.

4-star Skill Moves & 3-star Weak Foot

4-star skill moves yang dimiliki Stoichkov sudah sangat cukup dan mumpuni bagi tipe pemain seperti dia. Mengingat berba spin dan heel-to-heel masih menjadi skill moves meta, serta ditambah adanya skill moves la croqueta yang sangat imba di edisi FIFA kali ini. 3-star weak foot yang ia miliki terkadang menjadi liabilitas dari Stoichkov. Walaupun tendangan kaki kirinya sangat powerful dan akurat sekali, namun pasti ada situasi di mana harus menendang menggunakan kaki kanannya. 3-star sebenarnya tidak jelek-jelek banget, tapi pasti sesekali akan terlihat tendangannya yang melenceng saat ia menendang dengan kaki kanannya.

Attacking-Defensive Workrate: Medium / Medium

Dengan medium/medium workrate yang ia punya, akan membuat stamina Stoichkov tetap aman hingga 90 menit bahkan sampai babak adu pinalti. Saat memiliki workrate medium, pergerakan pemain akan lebih santai baik saat menyerang ataupun bertahan. Mereka tidak akan selalu berinisiatif untuk maju atau mundur, tapi tidak sepasif para pemain yang memiliki workrate low. Banyak juga pemain yang memiliki workrate high untuk penyerangan dan bertahan, tapi masalahnya, stamina pemain dengan workrate high/high akan lebih cepat habis. Setiap workrate memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Untuk di kasus di Stoichkov, medium/medium sudah oke, walaupun tidak ideal, karena idealnya, penyerang memiliki workrate high untuk penyerangannya. Selama kalian menginstruksikan dia untuk tetap berada di posisi penyerangan, attacking workrate medium yang ia punya akan terasa seperti workrate high.

In-Game Stats

Pace (Base, Mid, Prime): 87, 90, 92

Stoichkov merupakan pemain yang cepat, lincah dan agresif. Dibantu dengan posturnya yang tidak tinggi, menjadikannya semakin fluid untuk digunakan saat berlari dan keeping ball. Ia akan terasa cepat saat berlari dari flank maupun saat ia diberikan terobosan melalui instruksi get in behind.

Shooting (Base, Mid, Prime): 88, 90, 93

Statistik ini merupakan kekuatan utama dari Hristo Stoichkov. Tendangan apapun yang dilesakkan olehnya, akan sangat ampuh untuk mencetak gol. Dari mulai shot biasa, power shot, finesse shot, ataupun chip shot, semua tendangannya imba sekali. Apalagi kalau kalian melakukannya dengan time finish, lebih tinggi lagi kemungkinan untuk golnya.

Passing (Base, Mid, Prime): 85, 87, 86

Biasanya, penyerang tidak memiliki statistik passing yang bagus. In-game stats yang mumpuni dari seorang penyerang hanya di short passing-nya saja dan curve (untuk finesse shot). Namun, Stoichkov punya statistik passing yang mumpuni di semua versi kartunya. Kemampuannya ini membuat dia bisa ditarik lebih mundur dan dijadikan sebagai CF ataupun CAM yang akan menopang striker utama. Fleksibilitas dalam memposisikannya di lapangan juga menjadi kelebihan yang dimiliki kartu Stoichkov.

Dribbling (Base, Mid, Prime): 87, 90, 92

Statistik terbaik kedua setelah shooting yang dimiliki kartu Stoichkov adalah dribbling. Dari mulai versi kartunya yang Base Iconin-game stats-nya sudah di atas angka 80. Hal itu membuat pergerakkannya saat membawa bola sangat gesit dan sebagai gamer, kita menggunakannya juga enak. Composure-nya yang di atas rata-rata juga membuat pengeksekusian operan maupun tendangan saat ia di-pressing oleh lawan pun tetap baik.

Defending (Base, Mid, Prime): 44, 48, 50

Statistik ini irrelevan karena mengingat posisinya adalah penyerang, bukan pemain bertahan. In-game stats yang dapat dikomentari hanya heading accuracy-nya, dan aspek itu mencapai nilai 78, 80, dan 82 untuk ketiga versi kartunya. Hal itu cukup, pasalnya ia akan jarang mendapati posisi sundul mengingat posturnya yang pendek. Tetapi, saat ia sukses melakukan sundulan, akurasinya cukup bagus, bisa dinilai 8.5 dari 10.

Physical (Base, Mid, Prime): 81, 84, 86

Untuk stamina dan strength-nya, Stoichkov sudah cukup mumpuni. Strength-nya dapat meloloskan dia dari berbagai bek (karena ditambah faktor dribbling-nya yang sangat bagus). Dengan workrate medium/medium, membuat stamina di angka 80an menjadi tidak medioker. Statistik aggresion-nya menjadi yang menonjol pada kartu Stoichkov, pasalnya nilainya pada ketiga versi kartunya mencapai angka 90an. Statistik tersebut yang membuat agresifitasnya secara keseluruhan (on the ball & off the ball) sangat baik. Yang menjadi kekurangannya pada segmen ini adalah statistik jumping-nya. Ketiga versi kartu Stoichkov tidak ada yang menyentuh angka 80 untuk statistik jumpingnya. Ini juga yang menjadi alasan mengapa Stoichkov akan jarang sekali memenangi duel udara, selain karena posturnya yang tidak tinggi.

Best Chemistry Style

Sebagai ST, bisa menggunakan chem style Hunter atau Hawk. Hunter akan meningkatkan pace-nya mendekati 99 dan shooting-nya pun akan hampir max statistiknya. Kalau Hawk, akan menambah statistik jumping-nya yang menjadi liabilitasnya, tetapi pace-nya tidak bertambah sesignifikan saat menggunakan Hunter.

Sebagai CF dan CAM, ataupun posisi second-line yang central-based sebaiknya diberikan chem style Engine, Maestro, atau Deadeye. Engine akan menambah Pace, Passing, dan Dribbling, cocok untuk CF, karena ia akan bergantian dengan penyerang utamanya dalam urusan menyerang. Peningkatan passing-nya akan membantunya dalam menopang striker melalui operan-operan terobosan. Maestro meningkatkan Shooting, Passing, dan Dribbling, akan cocok jika Stoichkov bekerja sebagai CAM murni, membantu striker melalui berbagai operan. Peningkatan shooting-nya juga bagus untuk percobaan tendangan-tendangan dari luar kotak pinalti. Deadeye akan meningkatkan statistik shooting dan passing, dan kasusnya menyerupai dengan penggunaan chem style maestro, yaitu saat Stoichkov sebagai CAM. Bedanya, peningkatan passing-nya akan lebih besar, tapi statistik dribbling-nya tidak akan bertambah.

Sebagai pemain sayap, LW/LM atau RW/RM, akan tepat diberikan chem style yang meningkatkan pace. Pasalnya, saat bermain di sayap, kecepatan merupakan hal yang paling krusial. Hunter atau Catalyst bisa menjadi pilihan yang tepat jika memainkan Stoichkov pada posisi sayap. Catalyst akan meningkatkan pace dan passing-nya Stoichkov, sangat cocok bagi gamer yang memainkannya sebagai penyuplai bola dari sayap, entah itu bola datar ataupun bola lambung.

Overview

  1. Stoichkov tidak tinggi, jadi jangan paksakan permainan udara jika menggunakannya sebagai striker utama.
  2. Jangan memaksakan menendang dengan kaki kanan saat menggunakannya. Walaupun tidak seburuk itu, tapi lebih baik memposisikan dia terlebih dahulu sebelum menendang. Hold the play first is better than try your luck with uncertainty outcome.
  3. Saat dribbling, gunakan skill moves yang useful saja, ball roll, berba spin, la croqueta, heel-to-heel, dan fake shots. Dribbling biasa hanya menggunakan analog kiri juga sudah mumpuni, karena statistik dribbling-nya yang di atas rata-rata
  4. Selama shooting-nya pakai kaki kiri, 8 dari 10 akan jadi gol, apalagi menggunakan time finish. Jadi kalau dapat peluang sekecil apapun, saat posisinya tepat, tendang aja.
  5. Manfaatkan finesse shot dan power shot-nya Stoichkov, kedua tipe tendangan itu akan jadi sangat imba pada saat menggunakan Stoichkov.

Price

Base Icon Stoichkov berada di kisaran 330.000 coins hingga 350.000 coins, sedangkan versi Middle Icon-nya sudah di angka 490.000 coins, padahal minggu lalu masih mencapai 580.000 coins (karena promo TOTS sebentar lagi). Versi Prime Icon masih berkisar di angka 940.000 hingga 1.000.000an coins, masih mahal karena ia tidak memiliki SBC, jadi hanya bisa didapatkan dengan cara membelinya di FUT Market. Kesimpulannya, harganya sudah lebih terjangkau ketimbang beberapa bulan lalu mengingat TOTS juga sebentar lagi hadir, makanya harga-harga di FUT Market sedang mengalami penurunan.

Gimana gengs, tertarik? Silahkan mencoba dan rasakan sendiri kejagoan Stoichkov di lapangan virtual!

TAGS:
  • eSports
  • FIFA 19
  • FIFA Ultimate Team
  • FUT
  • FUT Player Review
  • Ad

    Comments

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *