fbpx
FUT 19 Team of the Season

FUT 19 Team Of The Season: Seberapa Siapkah Kamu Menyambutnya?

FUT 19 Team of the Season

FUT 19 Team of the Season atau TOTS merupakan salah satu event yang paling ditunggu-tunggu para penggemar FUT setiap tahunnya. TOTS adalah kumpulan pemain-pemain terbaik dari tiap liganya. Berjumlah 23 pemain (dalam format Team of the Week) yang bisa didapatkan melalui packs dan diperjualbelikan di FUT Market. Biasanya ada satu sampai dua pemain TOTS dari tiap liga yang hanya bisa didapatkan melalui Squad Building Challenges atau Weekly Objectives di FUT.

Banyak pengamat FUT memprediksi dengan mengikuti dan melihat event TOTS di FUT edisi-edisi sebelumnya bahwa acara ini akan dimulai pada tanggal 10 Mei, sekitar dua minggu lagi. Bila mengikuti TOTS di FUT 18 tahun lalu, promo ini dimulai dengan Community TOTS dan EFL Championship TOTS. Community TOTS berdasarkan voting penggemar. Pemain dapat memilih pemain-pemain pilihan EA Sports untuk masuk ke dalam Community TOTS. Catatan, EA Sports akan memilih pemain-pemain yang TIDAK termasuk sebagai nominasi untuk TOTS liganya pemain tersebut.

Pada FUT 18, pemain-pemain seperti Marek Hamsik, Giorgio Chiellini, dan Fabinho tidak berhasil menembus TOTS liganya karena (mungkin) performa di real-life-nya dianggap kurang cocok untuk masuk TOTS oleh EA. Untuk TOTS liga, pemain yang masuk ke dalamnya merupakan pilihan dari EA Sports, menyesuaikan dengan performa para pemain tersebut di dunia nyata.

TOTS menjadi promo yang paling ditunggu-tunggu karena para pemain yang mendapatkan tempat di TOTS akan memiliki rating dan in-game stats yang sangat super. Peningkatan rating yang tinggi juga menunjukkan apresiasi EA Sports terhadap pemain-pemain tersebut karena performa hebat dan konsisten mereka selama satu musim penuh. Peningkatan ratingnya juga tidak tanggung-tanggung, bisa bertambah hingga 10 overall. Sebenarnya secara konsep, sangat mirip dengan Team of the Year (TOTY), tapi karena TOTS mencakup lingkup yang lebih luas ketimbang TOTY, jadi harga-harga pemain tidak akan semahal pemain TOTY. Keunikkannya yaitu para gamers bisa mendapatkan pemain-pemain dengan rating 90 keatas hanya dengan 30.000 coins. Walaupun, pemain ternama seperti Cristiano Ronaldo, Lionel Messi, Neymar, Kylian Mbappe pasti tetap akan mahal, gengs.

Tapi jangan khawatir, kalau melihat apa yang dilakukan EA pada TOTS FUT 18, mereka memberikan para gamers Squad Building Challenges khusus, yaitu Guaranteed TOTS Player, pack yang berisikan satu kartu TOTS dari suatu liga. Mungkin kalau kalian hoki, bisa dapat pemain kayak Mbappe atau Neymar di Guaranteed Ligue 1 TOTS Player Pack! Kebetulan juga, harga untuk menyelesaikan challenges-nya relatif murah, jadi temen-temen pasti dapat TOTS Player, tidak seperti kartu TOTY yang limited banget.

Persiapan

Persiapan yang bisa dilakukan dari sekarang yaitu melikuidasi coins di akun FUT masing-masing. Gimana itu maksudnya? Jadi menjual semua kartu-kartu tradables yang mempunyai harga tinggi. Karena, jika semakin dekat dengan promo TOTS, hampir semua kartu harganya akan turun, ada yang biasa saja turunnya, tapi ada yang sangat drastis seperti kartu-kartu Icons. Kartu Icons bisa mengalami penurunan harga hingga 100.000 coins!

“Kenapa kok bisa begitu? Icons kan GG banget bro~”

Karena kartu-kartu TOTS akan memiliki rating dan in-game stats yang serupa malahan lebih imba dari Icons! Itu yang menjadi alasannya.

“Kenapa bukan harga TOTS-nya jadi mahal kalo mereka statsnya jago gitu?”

Karena supply TOTS akan banyak di FUT Market, yang membuat harga kartu-kartu TOTS relatif murah dan terjangkau. Persentase untuk mendapatkan TOTS dari packs masih lebih tinggi ketimbang mendapatkan Icons dari packs.

Logika dasarnya, TOTS tidak akan terlalu tinggi harganya (kecuali big players) karena supply-nya pasti banyak, karena chance-nya masih besar untuk mendapatkannya dari packs. Sementara Icons akan menurun harganya karena in-game stats-nya akan kalah sama kartu TOTS. Icons akan turun drastis harganya, tapi Icons tetap punya threshold bawah untuk soal harga, yaitu sekitar 300.000 coins. Kenapa Icons semurah-murahnya tetap masih di angka 300.000 coins, karena persentase chance untuk mendapatkan Icons dari packs tetap tidak akan berubah, yaitu tetap <1%, dan kartu Icons masih dibutuhkan untuk Icons SBC.

Yang punya Icons (> 500.000 coins) lebih baik cepat-cepat dijual, sebelum makin turun lagi harganya.

Bisa dilihat pada gambar di atas, seperti itulah yang membuat mengapa harga Icons akan turun drastis pada promo TOTS. Pasalnya, dengan harga 35.000 – 50.000 coins, pemain bisa mendapatkan kartu dengan stats yang lebih hebat dari Maradona di kartu TOTS Alberto Moreno. Catatan, foto di atas bersumber dari FUT 18 (walaupun kartu Maradona berasal dari desain Icons FUT 19, tetapi statsnya tetap sama dengan yang di FUT 18).

Selain melikuidasi coins, bisa dimulai untuk menumpuk packs sebanyak-banyaknya untuk dibuka nanti pada saat promo TOTS sudah dimulai. IVPL akan menjelaskan sedikit mengenai konsepsi packs pada FUT.

Di atas terdapat dua kartu FUT dari Lionel Messi di FUT 18. Yang emas merupakan kartu biasa dari Messi, sedangkan yang biru adalah kartu TOTS Messi. Kartu yang sehari-hari ada di dalam packs FUT adalah kartu biasa atau kartu yang emas. Kartu spesial suatu pemain (seperti TOTS pada kasus ini) hanya berada di packs pada saat-saat tertentu, dan pasti ada durasinya, seberapa lama kartu spesial itu berada di packs. TOTS memiliki durasi selama satu minggu untuk tiap liganya. Jadi misalnya kalian beruntung dan berhasil mendapatkan Messi dari packs di saat Messi tidak memiliki kartu spesial dalam hari itu, maka kalian akan mendapatkan Messi versi biasa. Namun, jika saat Messi memiliki kartu spesial pada minggu itu dan kalian berhasil mendapatkannya dari packs, Messi yang akan kalian dapatkan berupa yang versi spesial.

Maka dari itu mengapa sangat bagus jika mulai menyimpan dan menumpuk packs dari sekarang. Lebih baik packs yang telah dikumpulkan untuk dibuka pada saat promo TOTS berlangsung. Karena versi biasa pemain akan berubah menjadi versi TOTS-nya untuk pemain-pemain yang mendapatkan tempatnya di TOTS.

Satu contoh lagi, misalnya kalian SANGAT SERING mendapatkan pemain seperti Lars Bender saat membuka packs. Kalau kalian buka packs tersebut saat promo TOTS berlangsung, mungkin kekesalan kalian karena selalu dapat Bender (haha xD) akan berubah menjadi kegembiraan karena Bender yang kalian dapatkan berupa versi TOTS-nya. Harga Bender versi biasa itu 1000 coins, sedangkan Bender TOTS mencapai 68.000 coins. Lebih baik tahan-tahan dulu kalau kalian mau buka packs, mending nanti aja bukanya pas promo TOTS berlangsung, dua minggu lagi gengs!

Selamat menunggu dan persiapkanlah FUT-mu, karena kalau Eddard Stark juga main FUT, pasti dia bakalan bilang…

TOTS is Coming! – Eddard “FUT” Stark

 

TAGS:
  • eSports
  • FIFA 19
  • FIFA Ultimate Team
  • Team Of The Season
  • Ad

    Comments

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *