fbpx

Delapan Langkah yang Kudu Wajib Fardhu Dilakuin Buat Jadi Atlet eSports!

Asian Games 2018 berhasil nunjukkin kalo main eSports nggak lagi cuma seneng-seneng aja. Atlet-atlet eSports yang berlaga di Asian Games menunjukkan kalo kehebatan mereka dalam bermain gim dapat memberikan kejayaan bagi negaranya. Nggak cuma itu, atlet eSports juga dapet hadiah uang yang nggak kalah banyak dari atlet lainnya.

 

Abis Asian Games 2018, kita yakin banget bakalan banyak orang yang pengen jadi atlet eSports. Dari situ, kita udah ngumpulin tips-tips buat jjadi atlet eSports professional. Menurut Intel, ada delapan langkah utama buat jadii atlet eSports professional. Simak di bawah ini guys!

 

Fokus di satu gim

Langkah pertama yang kudu kalian lakuin buat jadi atlet eSports professional adalah memilih satu gim dan fokus di gim tersebut. Kalo kalian jagonya main gim sepak bola, cukup pilih salah satu antara FIFA atau PES. Jangan main dua-duanya karena kedua gim tersebut tentu punya perbedaan yang butuh kemampuan berbeda. Dengan fokus terhadap satu gim, kalian bisa nguasain semua trik dan celah-celah yang berguna di gim itu.

 

Jaga niat dan motivasi

Sama kayak olahraga lainnya, jadi atlet eSports itu butuh niat dan motivasi tinggi. Apapun yang jadi motivasi kalian, mulai dari harta, tahta, atau wanita (eh) , itu nggak masalah asal kalian mampu menjaga motivasi itu. Kalo kalian sudah mulai, jangan sampe kepikiran buat berhenti, dan kembali pikirin apa yang menjadi motivasi kalian untuk menjadi atlet eSports.

 

Berlatih dengan optimal

Niat dan motivasi nggak akan berguna kalo kalian nggak latihan. Tyler Polchow (Teepee), juara Call of Duty World Championsip 2014 berbicara pada Intel kalo dia dan timnya latihan seenggaknya delapan jam setiap hari! Cuma, jangan sampai kalian keterusan dan ngelupain hal penting lainnya. Salah satunya adalah ngejaga dan memperkuat fisik kalian. Eddy Lim, Ketua Asosiasi eSports Indonesia (IeSPA), bilang kalo atlet eSports butuh fisik prima untuk bisa jadi yang terbaik. Intinya, kalian harus mampu menyeimbangkan semuanya agar latihan kalian berjalan optimal.

 

Gunakan peralatan yang nyaman

Untuk maksimalin latihan, kalian wajib ngatur dan pake peralatan yang bikin kalian nyaman. Yang patut dicermati, nyaman bukan berarti harus mahal ya. Kalian bisa bikin dan ngedesain peralatan kalian sendiri, mulai dari meja, kursi, dan sebagainya, asalkan kalian nyaman.

 

Gabung komunitas

Gabung ke satu komunitas gim itu penting banget. Kalian bisa dapetin berbagai info, sekaligus belajar dari orang-orang yang udah lama berkecimpung di komunitas tersebut.

 

Buat tim yang solid

Berhubungan dengan langkah sebelumnya, kalian bisa bikin tim sendiri sama orang-orang yang udah kalian kenal. Kalo kalian emang udah populer, bisa jadi justru malah tim-tim hebat yang akan meminta kalian untuk bergabung. Yang pasti, jangan deh diskip kesempatan untuk bergabung dengan tim mana pun.

 

Berpartisipasi dalam turnamen.

Jangan pernah ragu buat ikutan turnamen yang tersedia. Mulai aja dari turnamen level amatir terlebih dahulu, dan kalian akan belajar banyak sebelum turun di turnamen professional. Kalo kalian udah bisa ikut di turnamen professional, berikan yang terbaik karena di situlah kalian bisa ngukuhin status kalian sebagai atlet eSports professionall.

 

Dapatkan sponsor

Sama kayak atlet olahraga lain, kalian juga sebaiknya meneken kontrak sponsor pas kalian udah dapet status sebagai atlet eSports professional. Bagaimana pun, kalian udah milih eSports sebagai mata pencaharian, dan sponsor akan menjadi bantuan terbesar kalian untuk mencapai apa yang kalian pengen.

TAGS:
  • Atlet
  • eSports
  • Ad

    Comments

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *