fbpx
Perkembangan esports di Indonesia

Wishnutama Ingin Promosikan Pariwisata Indonesia Lewat Esports

Perkembangan esports di Indonesia

Perkembangan esports di Indonesia tengah berkembang pesat. Pemerintah pun mulai melirik sektor ini dan memberikan sejumlah dukungannya, mulai dari turnamen besar seperti Piala Presiden Esports sampai pembentukan asosiasi esports. Terbaru, pemerintah ingin mempromosikan wisata Indonesia melalui esports.

Hal tersebut diungkapkan sendiri oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Wishnutama Kusubandio.

“Pengembangan esports termasuk tugas kami di sektor ekonomi kreatif, lalu yang kedua adalah membuat acara-acara yang memiliki daya tarik berkelas internasional. Selain itu, pengembangan esports juga bentuk kerja sama kami dengan Kemenpora dalam sportourism untuk mendapatkan devisa,” sebut Wishnutama, dilansir dari CNBC Indonesia.

Ia berharap para pelaku esports semakin giat untuk mengadakan turnamen berskala internasional dan bersungguh-sungguh dalam melangsungkan turnamen tersebut. Menurutnya, turnamen esports juga mampu menarik wisatawan seperti halnya acara-acara internasional lainnya yang diadakan di Indonesia. Bedanya, yang dijual pada turnamen esports adalah penyelenggaraannya serta pengalaman mengikuti acara tersebut.

Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga (Sesmenpora), Gatot Dewa Broto, turut mengungkapkan hal senada. Industri esports di Indonesia kini sudah lebih baik dari sebelumnya. Dia bercermin dari suksesnya penyelenggaraan Piala Presiden Esports 2020.

“Pada Piala Presiden Esports pertama di tahun 2019, kami masih memberikan dukungan dana, namun tahun ini tidak perlu lagi. Itu karena turnamen sudah bisa berjalan secara mandiri. Ini adalah pertanda bahwa turnamen esports punya pasar dan potensi ekonomi yang cukup besar,” jelas Gatot.

TAGS:
  • eSports
  • Indonesia
  • Wishnutama
  • Ad

    Comments

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *