fbpx
Toby "TobiWan" Dawson

Buntut Kasus Pelecehan Seksual, Valve Hapus Suara TobiWan dari Dota 2

Toby "TobiWan" Dawson

Komunitas DOTA 2 sedang diguncang berita heboh. Komentator kondang yang sering disebut-sebut sebagai “suara” dari DOTA 2, Toby “TobiWan” Dawson, dituduh melakukan pelecehan seksual terhadap sejumlah perempuan.

Mencuatnya kasus pelecehan seksual TobiWan berawal ketika rekan sejawatnya, Grant “GranDgranT” Harris, dituduh melakukan hal yang sama. Grant telah meminta maaf dan dirinya pun pensiun dari industri esports. TobiWan yang melihat kisahnya kemudian berkomentar via Twitter, mengajak para pelaku industri tidak melakukan hal yang sama. Namun, respon dari sejumlah perempuan berkata lain.

Seorang cosplayer DOTA 2, Meruna, mengungkapkan bahwa dirinya pernah mengalami pelecehan seksual oleh TobiWan. Kejadian itu, klaim Meruna, terjadi sembilan tahun silam.

Salah seorang perempuan lain dengan nama Botjira juga mengaku mendapat pelecehan seksual.

TobiWan sendiri sudah menanggapi tuduhan tersebut.

Tuduhan-tuduhan tersebut nampaknya sudah memengaruhi karier dari TobiWan. Perusahaan produksi esports, Beyond the Summit, telah memutus hubungan kerja dengan dirinya. Hal yang sama juga dilakukan oleh Code Red Esports. Terakhir, Valve kini sudah menghapus suaranya di gim DOTA 2, tepatnya di The International 10 Battle Pass.

TAGS:
  • Dota 2
  • TobiWan
  • Ad

    Comments

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *