fbpx
warganet Tiongkok menonton esports

Tiongkok Mendominasi Penonton Esports secara Global

warganet Tiongkok menonton esports

Tiongkok memang menjadi surga bagi pelaku industri esports. Buktinya, mereka kini menjadi yang terdepan dalam urusan pasar ini. Terbaru, Tiongkok disebut sebagai negara dengan jumlah penonton esports terbanyak di dunia.

Sebuah laporan yang dilakukan oleh sebuah grup bernama Ampere Analysis menemukan bahwa 26 persen warganet Tiongkok menonton esports paling tidak sekali dalam sebulan. Angka tersebut bisa dibilang lebih banyak dua kali lipat dibanding jumlah penonton yang berasal dari Eropa dan Amerika Serikat.

Contoh turnamen yang diberikan oleh Ampere adalah League of Legends (LoL) World Championship 2018 di mana ada sekitar 203 juta penonton di Tiongkok. Angka tersebut jauh lebih banyak dibanding total penonton di seluruh dunia yang hanya mampu mencapai angka dua juta penonton.

Banyaknya jumlah penonton di Tiongkok bisa disebabkan oleh beberapa hal. Pertama adalah pengaruh Riot Games, yang dimiliki oleh Tencent, yang mengembangkan media streaming Pro View yang menyuguhkan turnamen LoL di Tiongkok. Masalah sensor juga menyebabkan peningkatan jumlah penonton. Tak seperti film-film dan seri TV yang diimpor, tontonan esports jarang terkena sensor.

Di Barat, negara-negara Skandinavia memimpin dalam urusan jumlah penonton. Denmark punya total 9 persen warganet yang menonton esports dalam jangka waktu bulanan, sementara Swedia memiliki total 8 persen. Jumlah yang cukup banyak tersebut, menurut Ampere, dikarenakan dengan pengaruh dari investasi yang dilakukan oleh Modern Times Group. Mereka memiliki sejumlah turnamen dan liga esports, seperti ESL dan juga DreamHack.

Pasar Tiongkok memang menggiurkan untuk pelaku esports.

TAGS:
  • eSports
  • Tiongkok
  • Ad

    Comments

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *