fbpx
Free Fire World Series 2021 Singapore

FFWS 2021 Singapore Pecahkan Rekor Penonton

Free Fire World Series 2021 Singapore

Booyah! Free Fire World Series 2021 Singapore (FFWS 2021 SG) baru saja berakhir pada 30 Mei 2021 berhasil memecahkan rekor dunia esports dengan lebih dari 5,4 juta penonton secara bersamaan di seluruh dunia, menurut Esports Charts. Setelah melewatkan berbagai tantangan, tim Phoenix Force dari Thailand berhasil memenangkan FFWS 2021 SG.

Khususnya untuk penonton dari Indonesia, streaming FFWS 2021 SG (Play-Ins pada 28 Mei 2021 dan Finals pada 30 Mei 2021) dihadirkan dalam bahasa Indonesia telah ditonton lebih dari 17 juta views, dengan rekor lebih dari 1 juta penonton yang menonton secara bersamaan (peak concurrent viewers) oleh para penggemar Free Fire Indonesia. Kedua video yang ditayangkan ini juga berhasil mencapai trending nomor #1 untuk kategori Gaming di YouTube Indonesia, dan posisi peringkat ketiga untuk penonton terbanyak dari 14 bahasa terjemahan lainnya. 

Christian Wihananto, Produser Garena Free Fire Indonesiamengatakan, “FFWS 2021 SG hadir sebagai ajang untuk menguji kebolehan tim-tim terbaik dari seluruh dunia. Hal ini sejalan dengan komitmen Garena menghadirkan beragam turnamen esports sebagai wadah kompetisi maupun tayangan premium bagi para komunitas Survivor dimanapun mereka berada. Kami sangat berterima kasih atas antusiasme penggemar Free Fire dari Indonesia yang tak kenal lelah dalam berkontribusi untuk mendukung tim EVOS Divine dan First Raiders, dari rumah masing-masing. Hal ini terlihat dari antusiasme penonton asal Indonesia untuk FFWS 2021 SG. Kami berharap hadirnya kompetisi Free Fire tingkat global ini dapat menyatukan komunitas passionate gamers Indonesia dimanapun mereka berada, sekaligus menginspirasi calon-calon talenta baru di dunia esports.”

FFWS 2021 SG mempertemukan 18 tim dari 11 regional di Singapura untuk total hadiah uang tunai sebesar 2.000.000 dolar Amerika Serikat (setara dengan Rp 28 miliar) yang merupakan hadiah terbesar di kompetisi Free Fire sejauh ini. Sistem perolehan poin didasarkan atas peringkat dan jumlah kills. Phoenix Force dari Thailand berhasil meraih gelar juara FFWS 2021 dan membawa pulang 500.000 dolar AS (setara dengan Rp 7 miliar) sebagai hadiah, setelah mendominasi di babak final dengan mendapatkan 4 Booyah, 48 kills, dan 113 points.

Kemenangan Phoenix Force ini juga menandai keberhasilan tim dari Thailand meraih titel juara dunia untuk pertama kalinya sepanjang sejarah turnamen Free Fire. TheCruz dari tim Phoenix Force dianugerahi gelar Most Valuable Player (MVP) setelah menyuguhkan penampilan yang konsisten selama FFWS 2021 SG, dengan raihan skor yang sangat gemilang yaitu 23 kills. Phoenix Force berhasil memimpin jauh dengan selisih 36 poin dari runner-up LOUD dari Brazil yang mengumpulkan total 77 points.

Image: Garena

Meskipun belum dapat membawa pulang piala juara kali ini, namun permainan dan usaha tim Indonesia patut diacungi jempol. Christian turut mengapresiasi perjuangan kedua tim dari Indonesia, “Kami mengucapkan selamat kepada tim Phoenix Force dari Thailand, mereka bermain dengan sangat baik.

Kami juga bangga dengan First Raiders dan EVOS Divine yang telah berjuang untuk Indonesia dan menunjukkan kebolehan anak bangsa dalam bersaing melawan berbagai tim Free Fire terkuat di kancah global.

Kami selaku developer Free Fire berkomitmen untuk selalu memfasilitasi bakat dan terus mendukung ekosistem esports di Indonesia agar terus berkembang. Semoga usaha dan kerja keras First Raiders dan EVOS Divine dapat memberikan inspirasi kepada para pemain Free Fire lainnya yang ingin menjadi atlet esports. Apapun yang terjadi, #FFINDOBERSATU!

Image: Garena

First Raiders, Tim Underdog Indonesia

Ketika masih dalam fase FFML Season III Divisi 1, First Raiders sempat masuk ke babak Play-off alias tidak berhasil melaju ke season reguler, tetapi mereka menunjukkan kebolehan dengan bounce back dan menjadi peringkat pertama di final standings babak Play-off. Saling berkejaran atau head-to-head antara First Raiders dan EVOS Divine juga terlihat di fase berikutnya yakni FFIM 2021 Spring namun akhirnya First Raiders berhasil meraih posisi nomor 2 dan lolos ke FFWS 2021 SG bersama EVOS Divine.

“Salah satu tim nasional, First Raiders adalah tim yang tidak disangka banyak orang akan sampai Finals. First Raiders adalah salah satu tim pendatang yang konsisten dan terus memberikan permainan terbaik sejak FFML Season III, FFIM 2021 Spring hingga FFWS 2021 SG. Bahkan ketika babak Play-ins di FFWS 2021 SG, mereka berhasil meraih posisi nomor 1 dan masuk ke Finals bersama EVOS Divine.”

“Hal ini sejalan dengan dukungan Garena bagi perkembangan ekosistem esports Indonesia dalam mencari bibit unggul atlet esports. Agar esports dapat berkembang menjadi olahraga kompetitif di Indonesia yang mengharumkan nama bangsa, sama halnya dengan olahraga lain seperti bulu tangkis maupun sepakbola.” tutup Christian.

*Artikel ini merupakan rilis resmi Garena Free Fire Indonesia

TAGS:
  • Free Fire
  • Garena
  • Ad

    Comments

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *