fbpx

Asian Games 2018 yang Bakal Jadi Momentum Bangkitnya Industri eSports Indonesia

Asian Games 2018 yang diselenggarakan di Indonesia memuat satu cabang yang tergolong nggak mainstream. Ya, cabang tersebut adalah electronic sports (eSports). Penyelenggaraan eSports di Asian Games 2018 ini jadi penyelenggaraan eSports pertama di turnamen olahraga multinasional. Walopun sifatnya masih eksibisi(medali yang didapetin di eSports nggak ngaruh ke klasemen keseluruhan), animo penggemar maupun masyarakat awam ke cabang yang satu ini sama sekali nggak kecill. Ini tentunya bisa jadi satu momentum buat Indonesia untuk ngembangin industri eSports.

 

Alasan utama kenapa eSports di Asian Games bisa jadi momentum adalah cabang ini mampu ngilangin pendapat negatif tentang eSports. Ada aja kan yang bilang kalo eSports tuh bukan olahraga. Emang sih, nggak ada gerakan fisik yang besar ketika atlet eSports tengah bertanding. Namun, menurut analis eSports dari Malaysia, Aaron Chan, atlet eSports juga mesti ngelakuin persiapan yang nggak kalah berat dari atlet olahraga lainnya.

 

“Atlet eSports berjuang dengan keras seperti layaknya atlet olahraga yang lain. Butuh kekuatan mental, kreativitas, dan fisik baik untuk menjadi yang terbaik,” kata Chan dikutip dari South China Morning Post.

 

Eddy Lim, Ketua Asosiasi eSports Indonesia (IeSPA), juga bilang kalo atlet eSports nggak melulu main gim. Mereka juga harus berlatih fisik dengan baik.

 

“Rata-rata pemain gim hanya bermain gim saja untuk menjadi yang terbaik. Itu salah, atlet eSports juga mempersiapkan aktivitas atletnya, yaitu aktivitas fisik. Mereka membutuhkan kekuatan onggak, maka dari itu fisik mereka harus prima,” kata Pak Eddy dikutip dari Tempo.

 

Dua hal ini menegaskan kalo eSports juga nggak kalah “sporty” ketimbang olahraga lainnya, dan nggak selayaknya eSports dipandang sebelah mata. Hal lain yang juga nggak kalah penting adalah bukti kalo atlet eSports juga mampu memberikan kebanggaan bagi Indonesia.

 

Ini dibuktikan sama Ridel Sumarandak (BenZer Ridel), atlet eSports Indonesia di Asian Games 2018 yang berhasil dapet medali emas kala menang di permainan Clash Royale. Prestasi yang dicatatkan Ridel ini tentu saja membanggakan. Di usianya yang masih 16 tahun, ia mampu ngelewatin proses seleksi yang sulit dan ngalahin atlet-atlet eSports negara lain yang begitu hebat. Prestasi yang ditorehkan Ridel ini tentunya negasin kalo eSports mampu memberikan kontribusi sahih dalam turnamen olahraga multinasional.

 

Apa yang telah terjadi di Asian Games ngebuktiin kalo eSports bukan hanya sekedar menekan-nekan konsol semata. Ada persiapan keras yang mesti dilakukan sebelumnya. Jika dipersiapkan dengan baik, maka Indonesia juga yang akan mendapatkan kejayaan di mata dunia. Kalau sudah begini, bisa dipastikan eSports hanya akan berkembang dengan pesat di negara kita tercinta ini.

 

TAGS:
  • Asian Games
  • Asian Games 2018
  • Clash Royale
  • Ridel Sumarandak
  • Ad

    Comments

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *